Selasa, 29 Maret 2016

RANGKUMAN PERTEMUAN 2 MATA KULIAH INTERNET MOBILE & SECURITY


Sistem Informasi Berbasis Internet Capaian Pembelajaran :
Mahasiswa memahami tentang Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet, Keamanan sistem internet, Statistik Sistem Keamanan, Dasar – Dasar Keamanan Sistem Informasi.

1. Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet
Sistem informasi saat ini banyak yang menggunakan Internet, Hal ini disebabkan :
•Internet merupakan sebuah platform yang terbuka (open platform) sehingga menghilangkan ketergantungan perusahaan pada sebuah vendor(pembuat perangkat hard/software) tertentu
•Open platform juga mempermudah interoperability (kemampuan saling mendukung) antar vendor.
•Internet merupakan media yang paling ekonomis untuk digunakan sebagai basis sistem informasi, Dapat diakses dimanapun dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet banyak tersedia secara murah bahkan gratis.


Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet (Lanjutan)
Alasan-alasan tersebut di atas menyebabkan Internet menjadi media elektronik yang paling populer untuk menjalankan bisnis, yang kemudian dikenal dengan istilah electronic commerce (e-commerce).
Dengan diperbolehkannya bisnis menggunakan Internet, maka penggunaan Internet menjadi meledak. Statistik yang berhubungan dengan kemajuan Internet dan e-commerce semakin meningkat dan sangat menakjubkan.
Selain hal diatas internet juga digunakan sebagai media sosial, hal ini di buktikan dengan suksesnya :
Koin Peduli Prita ( 2009)
Koin Cinta Bilqis (2010)


Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet (Lanjutan)
Statistik Internet
Data-data statistik tentang pertumbuhan jumlah pengguna Internet di Indonesia saja Juni 2012, 55 juta dari total di Asia 1,076,681,059 yang diperoleh dari “Internet World Stats”.






Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet(Lanjutan)
Statistik Electronic Commerce
Hampir mirip dengan statistik jumlah pengguna Internet, statistik penggunaan Internet untuk keperluan e-commerce juga meningkat dengan nilai yang menakjubkan.
Berdasarkan data dari International Data Corporation (IDC) tahun 2011, tercatat nilai perdagangan lewat internet di Indonesia mencapai sekitar $ 3,4 miliar atau setara dengan Rp 30 triliun
Dan sekarang hampir semua perusahaan terutama perusahaan perbankkan menyediakan fasilitas transaksi bisnis yang dapat dilakukan dengan internet


Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet (Lanjutan) Keamanan Sistem Internet
Untuk melihat keamanan sistem Internet terlebih dahulu harus mengetahui cara kerja sistem Internet. Seperti :
- Hubungan antara komputer di Internet
- Protokol yang digunakan.
Internet merupakan jalan raya yang dapat digunakan oleh semua orang (public). Untuk mencapai server tujuan, paket informasi harus melalui beberapa sistem (router, gateway, hosts, atau perangkat-perangkat komunikasi lainnya) yang kemungkinan besar berada di luar kontrol dari kita. Setiap titik yang dilalui memiliki potensi untuk dibobol, disadap, dipalsukan. Dan kelemahan sebuat sistem terletak kepada komponen yang paling lemah.


Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet (Lanjutan)
Hackers, Crackers, dan Etika
Aspek dari pelaku yang terlibat dalam masalah keamanan dalam internet, yaitu para hackers and crackers.
Hackers vs Crackers
Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe


Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet (Lanjutan)
Kata hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama.
Menurut Mansfield, hacker didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi dan penetrasi terhadap sebuah sistem operasi dan kode komputer pengaman lainnya, tetapi tidak melakukan tindakan pengrusakan apapun, tidak mencuri uang atau informasi.


Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet (Lanjutan)
Sedangkan cracker adalah sisi gelap dari hacker dan memiliki kertertarikan untuk mencuri informasi, melakukan berbagai macam kerusakan dan sesekali waktu juga melumpuhkan keseluruhan sistem komputer.
Berdasarkan motif dari para perusak, ada yang berbasis politik, eknomi, dan ada juga yang hanya ingin mencari ketenaran. Masalah politik nampaknya sering menjadi alasan untuk menyerang sebuah sistem (baik di dalam maupun di luar negeri).


Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet (Lanjutan) Beberapa contoh dari serangan yang menggunakan alasan politik antara lain:
Hackers Portugal yang mengubah isi beberapa web site milik pemerintah Indonesia karena tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia di Timor Timur. Selain itu, mereka juga mencoba merusak sistem yang ada dengan menghapus seluruh disk.
Hackers Cina dan Taiwan terhadap beberapa web site Indonesia atas kerusuhan di Jakarta (Mei 1998) yang menyebabkan etnis Cina di Indonesia mendapat perlakukan yang tidak adil. Hackers ini mengubah beberapa web site Indonesia untuk menyatakan ketidaksukaan mereka atas apa yang telah terjadi.



Alasan Sistem Informasi Berbasis Internet (Lanjutan)
Beberapa hackers di Amerika menyatakan akan merusak sistem milik pemerintah Iraq ketika terjadi ketegangan politik antara Amerika dan Irak.

Salah satu hal yang membedakan antara crackers dan hackers, adalah masalah etika. Keduanya memiliki basis etika yang berbeda atau mungkin memiliki interpretasi yang berbeda terhadap suatu topik yang berhubungan dengan masalah computing.
Batas antara hacker dan cracker sangat tipis. Batasan ini ditentukan oleh etika. moral, dan integritas dari pelaku sendiri.


Apakah ada hackers dan crackers Indonesia?
Beberapa komunitas underground(istilah hacker crackers) di Indonesia, antara lain:
Jasakom

Didirikan Tahun 2000 dimotori oleh S’to, Dany Firmansyah (xnuxer), dan Onno W. Purbo. Segala aktivitas online Jasakom dipusatkan di forum yang beralamat dijasakom.com dan milis di Yahoo! Groups.
Xcode

Xcode atau biasa juga dikenal sebagai Yogyafree atau Yogya Family Code adalah komunitas underground yang berbasis di Kota Gudeg, Yogyakarta didirikan pada 5 Juni 2004 alamatnya di xcode.or.id


Apakah ada hackers dan crackers Indonesia ?
Echo

Komunitas Echo didirikan oleh y3dips, m0by, comex, dan theday. Markas utama komunitas ini beralamat di echo.or.id. Echo juga mempunyai media publikasi berupa majalah digital yang diberi nama Echo|Zine. Majalah digital ini dapat diunduh secara bebas dan gratis
Kecoak Elektronik

Di antara empat komunitas ini, Kecoak Elektronik adalah komunitas underground paling tua dan bisa dibilang merupakan salah satu perintis komunitas keamanan komputer di Indonesia. Kecoak Elektronik didirikan pada tahun 1995 sebagai sebuah komunitas pengguna Internet Situs utama Kecoak Elektronik beralamat di kecoak.or.id


Apakah ada hackers dan crackers Indonesia ? (Lanjutan) Dari gambar disamping hanya sebagian kecil yang dapat orang umum akses, masih banyak yang belum diketahui dan Untuk masuk ke dunia underground sampai lapisan 8, browser yang digunakan adalah TORBROWSER





Semoga Bermanfaan, wabil khusus untuk diri pribadi dan umumnyah bagi pembaca setia" Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar